Skip to main content

Penyebab timbulnya jerawat yang mungkin belum anda ketahui

Menurut penelitian beberapa ahli kulit, kebiasaan sehari-hari ketika beraktifitas di rumah ataupun di kantor berhubungan langsung dengan timbulnya jerawat.

Dan kebanyakan dari kita tidak mengetahui aktifitas tersebut sampai akhirnya jerawat nongol di wajah.

beberapa penyebab jerawat yang mungkin saja belum anda ketahui:

1. Handphone

Menurut beberapa penelitian, handphone yang biasa kita gunakan mengandung jutaan bakteri berbahaya yang mengancam kesehatan. Saking banyaknya, sebuah penelitian bahkan menyebut kalau sebuah handphone jauh lebih kotor ketimbang toilet sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan dan menjadi penyebab jerawat di wajah.

Menurut seorang pakar kesehatan kulit, Ava Shamban, M.D., sebagaimana dikutip dari majalah online Total Beauty, “Jerawat bisa timbul karena hal-hal sederhana seperti memakai handphone secara langsung sehingga menyentuh kulit wajah dalam waktu lama dan berulang-ulang.”
“Terjadi perpindahan bakteri atau kuman dari handphone ke wajah sehingga dapat menyebabkan jerawat muncul atau jika mengenai wajah yang telah berjerawat akan menyebabkan infeksi,” tambah Shamban.

Cara paling baik dan aman menggunakan handphone adalah memanfaatkan earphone atau berbicara dengan mengaktifkan mode loudspeaker. Cara ini bisa mengurangi risiko timbulnya jerawat dan juga risiko radiasi ponsel.

2. Kain bantal

Kain atau sarung bantal adalah salah satu benda penyebab jerawat yang jarang diperhatikan. Setiap hari umumnya orang tidur antara 7-9 jam, ini artinya dalam rentang waktu tersebut wajah anda akan bersentuhan dengan bantal. Jika kain bantal tersebut kotor atau jarang dibersihkan, maka ada kemungkinan wajah anda atau bagian tubuh yang lain akan berjerawat.

Sarung bantal yang jarang dicuci atau diganti, akan menjadi sarang kuman dan bakteri yang berasal dari akumulasi minyak, kotoran yang berasal dari rambut dan kulit. Termasuk juga dari debu-debu yang hinggap pada bantal.

Solusi terbaik untuk mencegah hal tersebut adalah dengan secara rutin mengganti kain bantal anda dengan yang bersih, setidaknya sekali seminggu.

Jenis-Jenis Obat Jerawat di Apotik
Daftar Obat Homeopati Untuk Mengobati Jerawat Secara Alami
3. Berkendara tanpa penutup wajah/masker

Masalah terbesar yang kerap terjadi di kota-kota besar adalah polusi udara. Kadang tanpa disadari bakteri atau kuman berbahaya dari polusi tersebut masuk ke dalam tubuh saat sedang mengendarai kendaraan bermotor. Kuman-kuman tersebut akan menjadi biang penyakit dan menjadi penyebab jerawat permanen di wajah.

Saat sedang mengendarai motor, angin yang berhembus akan memperbesar pori-pori kulit terutama wajah. Jika anda mengendarai motor tanpa mengenakan masker maka ada kemungkinan ada kuman atau bakteri yang masuk melalui pori-pori tersebut yang lambat laun akan menimbulkan jerawat.

Gunakanlah masker atau kain saat sedang mengendarai kendaraan bermotor, masker tersebut dapat menghalangi wajah tersapu angin dan mengurangi risiko muka jadi jerawatan.

4. Bertopang dagu

Banyak yang tidak tahu kalau bertopang dagu saja dapat menyebabkan jerawat. Saat sedang serius di depan komputer mengerjakan sesuatu terkadang tanpa disadari tangan bergerak menopang wajah dan dagu.

Jika saat itu tangan tidak steril alias sempat bersentuhan dengan benda lain yang mengandung minyak atau kotoran maka bisa diduga wajah akan cepat berjerawat.

Kotoran yang masuk ke wajah melalui pori-pori akan menghalangi sebum keluar, menyebabkan terjadinya penyumbatan yang rentan dengan infeksi. Hindarilah kebiasaan menopang dagu dengan tangan terutama apabila tangan sedang tidak bersih.

5. Begadang

Malam hari seharusnya menjadi waktu untuk beristirahat. Saat sedang tidur, tubuh akan melakukan proses detoks atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Jika dalam waktu tersebut tubuh anda tetap beraktifitas maka kesempatan tubuh melakukan detoks atau pengeluaran racun juga akan terhalang. Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan gangguan pada fungsi kesuburan pria, terutama jika telah dilakukan selama bertahun-tahun lamanya.

Begadang menyebabkan produksi sebum (minyak) di wajah meningkat drastis. Jika pori-pori wajah tersumbat oleh kotoran maka terjadilah infeksi penyebab jerawat semakin parah.

Biasakanlah memiliki jumlah dan kualitas tidur yang cukup setiap harinya. Saat sedang tidur, sel-sel tubuh akan meregenerasi dirinya dan membuang racun yang berbahaya sehingga saat bangun pagi tubuh jadi segar dan kulir tampak lebih segar.

6. Shampoo

Saat sedang mandi kebanyakan orang akan melakukan keramas dan membersihkan rambutnya menggunakan shampoo. Jarang yang tahu bahwa shampoo adalah penyebab jerawat jika salah digunakan.

Beberapa jenis shampoo bahkan mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan seperti Sodium Lauryl, Diethanolamine dan Ammonium Lauryl.

Saat sedang membilas, cairan shampoo pasti akan mengenai wajah, hal inilah yang bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Oleh karena itu, lakukan keramas di awal-awal saat mandi sehingga anda memiliki lebih banyak waktu untuk membersihkan wajah dari cairan shampoo tersebut.

7. Pasta gigi

Jika anda memiliki beberapa jerawat atau komedo yang tak mau sembuh di sekitar bibir maka ada baiknya anda mulai memperhatikan jenis pasta gigi yang anda gunakan. Jarang yang mengetahui kalau bahan-bahan dalam pasta gigi tersebut seperti flouride dan sodium lauryl sulfate dapat menyebabkan jerawat.

Jika memungkinkan gunakanlah pasta gigi tanpa flouride yang saat ini sudah banyak dijual di toko-toko dan supermarket, meskipun harganya terkadang di atas pasta gigi lainnya.

Yah,,terkadang sehat memang mahal kan kalau sudah sakit..termasuk jerawat..bila sudah parah maka butuh biaya yang tidak sedikit untuk menyembuhkan jerawat apalagi bila perawatannya ke dokter kulit :-D.Karena itu sangat penting mengetahui  pencetusnya supaya dapat dicegah.Nah bila terlanjur timbul jerawat dan sudah melakukan berbagai cara namun jerawat tak kunjung pergi maka produk khusus perawatan jerawat yang aman sangat dibutuhkan,pastikan kandungan  face care khusus jerawat yang kamu pake aman yaa..seperti Batrisyia herbal,terdaftar di kemenkes dan pastinya uji lab 100% aman dan halal.jangan sampe mau menyembuhkan jerawat malah tambah parah.Semoga bermanfaat ya,jangan lupa save dan share :)

Source : pengensehat

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat medis dibalik sholat dzuhur

Dalam pelaksanaannya shalat dzuhur di kerjakan pada waktu dimana aktivitas manusia sedang memuncak – muncaknya dan sedang merasa begitu lelah . Waktu dzuhur merupakan waktu yang tepat untuk relaksasi untuk mengurangi kelelahan serta kepenatan tersebut . Dengan mengambil air wudhu pada saat shalat dzuhur juga dapat menjadikan tubuh kita rilex dan merasa lebih segar .Serta menjadikan semangat lagi dalam menjalankan semua aktifitas atau pekerjaan yang sebelumnya terasa membosankan dan membuat pusing kepala . Gerakan – gerakan sholat dzuhur juga dapat mengobati tubuh kita yang awalnya sedang merasa pegal akibat banyaknya pekerjaan yang di kerjakan langsung berubah menjadi semangat dan hilang semua rasa sakit pada persendian dan tubuh kita. Makan siang setelah melaksanakan shalat dzuhur akan lebih terasa nikmat di bandingkan makan sebelum shalat , mengapa ? karena dengan berkumur pada waktu wudhu dapat membersihkan semua kuman yang terdapat di dalam mulut kita serta basuhan air wudhu da

Cara memasukkan barang ke Indomaret

http://indomaret.co.id/formulir-penawaran-produk/ Diatas itu link buat teman-teman sekalian yang mungkin berminat memasok produk buatan sendiri ke indomaret.Semoga berguna :)

Manfaat membaca Al-qur'an

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Alqur’an dan mengajarkannya.” (HR Bukhori) “Siapa saja yang disibukkan oleh Alqur’an dalam rangka berdzikir kepada-Ku, dan memohon kepada-Ku, niscaya Aku akan berikan sesuatu yang lebih utama daripada apa yang telah Aku berikan kepada orang-orang yang telah meminta. Dan keutamaannya Kalam Allah daripada seluruh kalam selain-Nya, seperti keutamaan Allah atas makhluk-Nya.” (HR. At Turmudzi) “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah (masjid) Allah, mereka membaca Alqur’an dan mempelajarinya, kecuali turun kepada mereka ketentraman, mereka diliputi dengan rahmat, malaikat menaungi mereka dan Allah menyebut-nyebut mereka pada makhluk yang ada di sisi-Nya”. (HR. Muslim) “Hendaklah kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Alqur’an” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud) Dan masih banyak lagi dalil yang menerangkan bahwa berbagai penyakit dapat disembuhkan dengan membaca atau dibacakan ayat-ayat Alqur’an (lihat Assuyuthi, Jalaludd